Data Terbaru THE: Ini Peringkat UI di Indonesia dan Dunia

Data Terbaru THE: Ini Peringkat UI di Indonesia dan Dunia
Mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam BEM UI. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DEPOK - Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE) menempatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai kampus yang unggul dalam ilmu teknik, seni dan humaniora, serta sosial di Indonesia.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia menyebutkan hasil pemeringkatan THE menempatkan UI di peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 601-800 di dunia dalam bidang ilmu teknik dengan skor keseluruhan 26,3-31,9.

"Di Asia Tenggara, UI berada di posisi 13 dari 60 institusi di Asia Tenggara yang berpartisipasi pada bidang ilmu engineering," kata Amelita sebagaimana dikutip dalam keterangan pers UI di Depok, Kamis (3/11).

Dia mengatakan, UI merupakan satu-satunya universitas dari Indonesia yang berhasil menempati posisi 15 besar di Asia Tenggara, mengalahkan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), serta Universiti Sains Malaysia, Universitas Chiang Mai (Thailand), dan Universiti Kuala Lumpur (Malaysia).

Dalam bidang ilmu seni dan humaniora yang mencakup arkeologi, arsitektur, seni dan desain, sejarah, filsafat dan teologi, serta bahasa dan sastra, UI tercatat sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk di THE World University Rangkings 2023 berdasarkan subjek.

Disebutkan juga bahwa UI menempati peringkat 401-500 di dunia dengan keseluruhan skor 20,0-23,6 dan unggul di Indonesia pada indikator Industry Income dengan skor 100.0.

Dalam bidang ilmu sosial, UI berada di peringkat pertama di Indonesia dan peringkat 501-600 dunia.

Bidang ilmu sosial meliputi studi komunikasi dan media, geografi, studi politik dan hubungan internasional, dan sosiologi.

Hasil pemeringkatan THE, UI unggul dalam ilmu teknik, seni-humaniora, dan sosial. Berikut peringkat UI di Indonesia dan Dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News