Daya Serap Anggaran tak Optimal, Pengangguran Bertambah

Daya Serap Anggaran tak Optimal, Pengangguran Bertambah
Daya Serap Anggaran tak Optimal, Pengangguran Bertambah
JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan  dalam evaluasi pelaksanaan APBN  komisi-komisi di DPR mencermati bahwa masalah penyerapan anggaran terutama belanja modal dalam APBN 2011 tidak optimal. Akibatnya, perekonomian dalam negeri dari sektor riil tidak mampu bergerak untuk menciptakan lapangan kerja.

"Sehingga tidak mampu menggerakkan perekonomian domestik dan sektor riil serta membuka lapangan kerja," katanya Senin (9/1) di Rapat Paripurna pembukaan masa persidangan III tahun 2011-2012.

Menurut Marzuki, dewan berpandangan bahwa serapan anggaran hingga akhir tahun 2011 yang tidak optimal menunjukkan adanya permasalahan dalam pengelolaannya. Karenanya, kata dia, ada beberapa aspek yang perlu dievaluasi.

Antara lain, lemahnya perencanaan program dan kegiatan, lemahnya koordinasi antara unit perencana dan unit pelaksana kegiatan, dan lemahnya pelaksanaan kegiatan. "Sejumlah kelemahan tersebut mengakibatkan sering dilakukannya revisi anggaran," katanya.

JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menegaskan  dalam evaluasi pelaksanaan APBN  komisi-komisi di DPR mencermati bahwa masalah penyerapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News