JPNN.com

DBH Naik Rp4,5 Triliun

Jumat, 09 April 2010 – 19:58 WIB DBH Naik Rp4,5 Triliun - JPNN.com
JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa APBN-P 2010 mengalokasikan tambahan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp4,5 triliun. Jumlah DBH tersebut merupakan rangkaian dana yang akan ditransfer ke daerah untuk meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dalam menyejahterakan masyarakatnya.

Dijelaskan, penambahan DBH ini terdiri dari DBH pajak dan DBH sumber daya alam. Selain itu pemerintah akan melakukan kurang transfer tanggungan pemerintah tahun sebelumnya pada daerah sebesar Rp3,9 triliun dan kurang salur DBH SDA dana reboisasi selama tahun 2004-2005 sebesar Rp235,8 miliar.

"Realokasi belanja hibah daerah di belanja pusat menjadi transfer ke daerah dalam akun transfer dana penguatan infrastruktur dan prasarana daerah sebesar Rp7,1 triliun," kata Sri Mulyani.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah mengembalikan penerusan hibah menjadi tetap di belanja pemerintah pusat sebesar Rp243,3 miliar. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...