Debat Bupati Bikin Geli

Debat Bupati Bikin Geli
Debat Bupati Bikin Geli

jpnn.com - BOGOR - Debat kandidat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Bogor jauh dari kata memuaskan. Bahkan, publik Kabupaten Bogor merasa geli melihat aksi debat para calon pemimpinnya itu di layar kaca.

Adalah aksi dua pasangan calon dari jalur perseorangan yang kerap membuat audiens tertawa. Menurut Pengamat politik, Bedy Irawan, dari aspek bicara, menganalisa, menyampaikan serta menjawab permasalahan, kedua pasangan itu kerap keluar dari konteks yang dibicarakan.

Lebih-lebih pasangan nomor urut dua, Alex Sandy Ridwan dan Habib Husein Hengky Tornando. Alex yang tampil sedikit grogi, kerap membaca catatan yang dibawanya. Dia tetap membaca meski pun keluar jalur yang dipermasalahkan. Contohnya, di salah satu sesi, ketika masyarakat bertanya soal bagaimana menumbuhkan pelaku usaha menengah kecil(UKM), Alex malah memaparkan soal pertanian.

“Ada lagi, ketika ia mendapat pertanyaan tentang bagaimana mekanisme bantuan untuk RW sebesar Rp50 juta pertahun yang menjadi program, jawabannya menjadi tidak terukur," kata dia.

Alex kembali membuat jawaban konyol ketika dia mengatakan bakal memenjarakan pelaku usaha yang tidak bisa mengembalikan bantuan atau kredit pemberian pemerintah. Padahal, semula Alex dengan menggebu-gebu siap membangun pelaku usaha dengan membagikan kredit ringan.

Dalam memberikan pertanyaan kepada lawan, sambung Bedy, dua pasang calon ini juga terlihat kurang memahami persoalan. Misalnya, saat mencibir program pasangan incumbent terkait masih banyaknya infrastruktur yang rusak. "Pertanyaannya tidak jelas, tidak ada ukuran, jadi mudah saja dijawab oleh pasangan lawan," kata Bedy.

"Kalau mereka tanyakan berapa alokasi anggaran, berapa panjang jalan yang ditangani, bagaimana sebarannya, bisa jadi lawannya bisa keteteran, tapi itu tidak muncul karena pasangan ini tidak menguasai data," katanya.

Menurut Bedy, jika harus menilai dengan angka, antara 1 sampai 100, pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2 hanya mendapat nilai 59. Bagaimana dengan pasangan nomor urut 3 dan 4?

BOGOR - Debat kandidat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Bogor jauh dari kata memuaskan. Bahkan, publik Kabupaten Bogor merasa geli melihat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News