Debat Capres-Cawapres Sangat Penting Bagi Pemilih

Debat Capres-Cawapres Sangat Penting Bagi Pemilih
Arsip - Pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari. (ANTARA/Dokumentasi pribadi)

jpnn.com - MALANG - Debat Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Pemilu 2024 sangat penting untuk meyakinkan pemilih menggunakan hak suaranya pada pemungutan suara.

Menurut pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari, debat capres-cawapres bahkan menjadi kunci bagi para pemilih yang saat ini masih ragu-ragu dalam menentukan pilihan.

"Bagaimana meyakinkan masyarakat yang masih ragu? Menurut saya debat ini salah satunya," ujar Wawan di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (13/12).

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei salah satu media massa di Indonesia, sebanyak 28,7 persen masyarakat tercatat belum menentukan pilihan pada Pilpres 2024.

Karena itu, debat capres-cawapres merupakan satu-satunya metode kampanye efektif bagi masyarakat yang belum menentukan pilihan.

"Debat ini masih ada empat kali. Menurut saya, (elektabilitas) akan berubah, karena kami lihat makin meningkat angka yang ragu, yakni mencapai 28 persen. Itu bukti bahwa publik mengalami kebimbangan," katanya.

Dalam debat pertama capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa malam (12/12), Wawan menilai masih banyak gagasan yang bersifat normatif disampaikan oleh para capres.

Namun demikian, dia menilai ada dua posisi yang mencolok dalam perdebatan tersebut.

Pengamat politik menilai debat capres-cawapres sangat penting digelar untuk meyakinkan pemilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News