Debat Cawapres KPU: Mahfud MD Ragu soal Wacana 40 Kota Selevel Jakarta

Debat Cawapres KPU: Mahfud MD Ragu soal Wacana 40 Kota Selevel Jakarta
Calon wakil presiden nomor urut tiga Mohammad Mahfud MD mengaku ragu pada wacana yang disampaikan Cawapres RI Muhaimin Iskandar mengenai pembangunan 40 kota selevel Jakarta dalam 5 tahun ke depan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut tiga Mohammad Mahfud MD mengaku ragu pada wacana yang disampaikan Cawapres RI Muhaimin Iskandar mengenai pembangunan 40 kota selevel Jakarta dalam 5 tahun ke depan.

"Terus terang saya kaget, apa bisa dilaksanakan dalam lima tahun?" kata Mahfud dalam debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat.

Salah satu keraguan Mahfud adalah pada persoalan pembiayaan pembangunan kota-kota tersebut.

Mahfud pun menyinggung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang hingga kini dinilainya belum juga terselesaikan, padahal perencanaannya telah berlangsung selama puluhan tahun.

"IKN saja dalam 5 tahun baru dilaksanakan. Itu pun yang investasi baru berbentuk janji," kata Mahfud yang juga menjabat Menko Polhukam itu.
Mahfud MD pun menyoroti skema pembiayaan pembangunan 40 kota metropolitan tersebut apakah menggunakan APBN atau APBD.

"Selain itu, apakah justru diperlukan lembaga khusus. Ini semua harus dijawab agar semuanya tidak spekulatif," tutur dia.

Ada pun tema debat kedua Pilpres 2024 meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Yuk, Simak Juga Video ini!

Calon wakil presiden nomor urut tiga Mohammad Mahfud MD mengaku ragu pada wacana yang disampaikan Cak Imin mengenai pembangunan 40 kota selevel Jakarta


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News