Debat Pertama Pilpres 2024 di Kantor KPU, Komjen Fadil Imran: Polri Siap Mengamankan

Debat Pertama Pilpres 2024 di Kantor KPU, Komjen Fadil Imran: Polri Siap Mengamankan
Kabarhakam Polri Komjen Pol Fadil Imran saat memberikan keterangan di Jakarta, Kamis (7/12/2023). (ANTARA/Rio Feisal)

jpnn.com - JAKARTA - Debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024 akan digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (12/12).

Tema debat pertama itu meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Fadil Imran menyatakan bahwa Korps Bhayangkara sudah siap mengamankan debat perdana tersebut.

"Kami sudah ada satgas, Satgas Preemtif, Preventif, dan Humas, semua sudah siap dan tidak ada masalah saya kira soal debat capres. Secara fisik kami bisa amankan," kata Komjen Fadil di Jakarta, Kamis (7/12).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu meyakini bahwa debat pertama itu akan berjalan aman, karena Polri tengah menyiapkan desain pengamanan dengan baik.

"Aman saya kira, kan, desain-desain pengamanan sudah ada. Asesmen security sebelum kegiatan dilakukan, kan, sudah kami lakukan," ungkap jenderal bintang tiga itu.

Lebih lanjut Komjen Fadil mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan pelaksanaan debat pertama yang tidak dilakukan di ruangan tertutup, melainkan di ruang terbuka.

"Tidak ada masalah. Mau di hotel, mau di kantor KPU, mau di gedung pertemuan, saya kira kita pasti di jauh-jauh hari sebelumnya akan melakukan security assessment supaya semua dapat berjalan dengan baik," kata Fadil.

Komjen Fadil Imran menegaskan Polri siap mengamankan debat pertama Pilpres 2024 di Kantor KPU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News