Debat Pilkada Bandung: Nurul-Ruli Unggul soal Satu Ini

Debat Pilkada Bandung: Nurul-Ruli Unggul soal Satu Ini
Pilkada. Ilustrasi: dokumen JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Debat publik ketiga Pilkada Kota Bandung telah digelar. Tiga pasangan calon telah beradu gagasan, inovasi, serta janji mereka untuk lima tahun ke depan.

Akademisi yang juga pakar komunikasi Universitas Padjajaran Diah Fatma Sjoraida menilai, pasangan calon nomor urut satu Nurul Arifin-Ruli Hidayat, terlihat unggul dalam menyampaikan pesan yang mewakili anak muda serta kaum masyarakat bawah.

"Nomor satu masih unggul dalam hal mewakili persoalan anak muda dan kaum masyarakat bawah. Bisa lebih membumi ketika menjawab untuk pendidikan dan transportasi lebih jelas juga," kata Diah saat dihubungi, Minggu (13/5).

Sementara, untuk pasangan nomor urut dua, Yossi Irianto-Aris Supriatna, jelas ada beberapa keunggulan juga saat menyampaikan. Tapi itu menurutnya wajar, karena mereka menguasai medan.

"Nomor tiga (Oded M. Danial-Yana Mulyana), malah terlihat gugup. Padahal dia wakil RK (Ridwan Kamil). Terlihat dulu pas jadi wakil RK cuma pelengkap saja. Tapi jawabannya bisa mewakili dan masuk akal untuk di implementasikan," jelas Diah.

Dia menambahkan, dari perspektif komunikasi politik, pasangan Nurul-Ruli melakukan komunikasi yang mudah dipahami.

"Nomor satu melakukan komunikasi konteks rendah dengan menyajikan pesan pesan politik yang bersifat praktis dan mudah dipahami. Hal Ini sesuai dengan target Kampanye Selama ini yakni perempuan, khususnya ibu-ibu," ungkap Diah.

Sementara paslon yang lain, jelas menggunakan bahasa politik tinggi. Sehingga berusaha untuk menyederhanakan apa yang ingin disampaikan.

Debat publik ketiga Pilkada Kota Bandung telah digelar. Tiga pasangan calon telah beradu gagasan, inovasi, serta janji mereka untuk lima tahun ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News