Debu Erupsi Sinabung Hingga Deli Serdang

Debu Erupsi Sinabung Hingga Deli Serdang
Gunung Sinabung erupsi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PANCUR BATU - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Seharian kemarin, gunung yang terletak di Karo itu berkali-kali meletus dan meluncurkan awan panas.

Bahkan debu erupsinya telah mencapai Pancurbatu-Sibolangit, Namorambe dan Biru-Biru, Deli Serdang.     

Pantauan Minggu (5/10) siang, debu dari erupsi Sinabung terlihat jelas berterbangan terbawa angin dan menempel di atap rumah warga serta dedaunan tanaman warga.

Tidak hanya itu, atap dari kendaraan roda empat yang parkir di depan rumah warga juga tidak luput diselimuti debu. Bukan hanya debu, cuaca juga terlihat gelap dan hawa udara gerah meski cuaca sedang mendung.

Warga dan para pengendara termasuk parbetor terlihat mengenakan masker untuk menghindari debu.     

Uky, warga Pancurbatu mengatakan, debu letusan Sinabung terlihat sejak Minggu pagi. "Dari Minggu pagi ini lah terlihat debu ini. Ini pasti dari erupsi Sinabung malam tadi. Untuk mencegah menghirup debu, kami pakai masker," ucap Uky.

Kepala Puskesmas Pancurbatu dr Tetty R Keliat, mengimbau seluruh masyarakat tetap waspada. "Waspada aja, kenakan masker, agar tidak langsung menghirup debu. Lebih baik menjaga daripada mengobati," imbau dr Tetty.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto, mengatakan, sampai menjelang sore, sudah terjadi sembilan kali letusan.

PANCUR BATU - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Seharian kemarin, gunung yang terletak di Karo itu berkali-kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News