Dede Yusuf: Pemilik Pabrik Petasan Harus Bertanggung Jawab

Dede Yusuf: Pemilik Pabrik Petasan Harus Bertanggung Jawab
Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Yusuf Macan Effendy alias Dede Yusuf meminta pihak pabrik petasan yang meledak dan menewaskan 47 orang bertanggung jawab karena tidak melaksanakan keselamatan, dan kesehatan kerja (3K).

Dede mengatakan di pabrik itu tidak ada pengamanan, pintu darurat maupun peralatan pemadam kebakaran. Bahkan, Dede menyebut, pabrik tersebut mempekerjakan anak-anak dan diduga tidak ada jaminan sosial untuk pekerjanya.

“Kami juga meminta agar menteri tenaga kerja mengusut dan memberi sanksi tegas kepada semua yang terlibat dalam pembiaran ini dari sisi ketenagakerjaan,” kata Dede Yusuf, Jumat (27/10) saat dikonfirmasi wartawan.

Politikus Partai Demokrat itu juga meminta Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan pemerintah daerah agar melakukan pertolongan terutama fasilitas kesehatan hingga biaya berobat kepada korban yang selamat.

“Kami akan pantau terus terkait pelaksanaannya agar jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi di tempat lain,” tegas Dede.

Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono di Partai Demokrat itu juga mempersoalkan lokasi pabrik yang dekat pemukiman dan sekolah. Menurut Dede, pemerintah daerah setempat harus melakukan koreksi soal lokasi pabrik.

“Walaupun katanya masih kawasan industri, tapu lebih dekat ke mana dan risiko kegiatannya apa kepada warga dan pekerja itu yang harus dipikirkan,” jelas Dede. (boy/jpnn)

 


Dede Yusuf mengatakan di pabrik itu tidak ada pengamanan, pintu darurat maupun peralatan pemadam kebakaran.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News