Deklarasi Prabowo Capres Tunggu Kepastian Koalisi

Deklarasi Prabowo Capres Tunggu Kepastian Koalisi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri acara Rakernas Bidang Advokasi dan Hukum DPP Gerindra, Jakarta, Kamis (5/4). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gerindra menunggu kepastian koalisi dengan partai lain sebelum mendeklarsikan Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2019.

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, hingga sekarang partainya belum mendeklarasikan capres. Dia mengungkapkan, PKS memang terus mendesak agar Prabowo sebagai ketua umum Partai Gerindra segera mendeklarasikan diri sebagai capres.

Anggota DPR itu menyatakan, pihaknya menghormati keinginan PKS. ’’Maksud PKS baik, supaya ada kepastian dan cukup waktu untuk sosialisasi,’’ terang dia kepada Jawa Pos kemarin (4/5).

Namun, kata dia, partainya tidak bisa terburu-buru mengumumkan capres. Sebab, Gerindra sedang menjajaki koalisi dengan partai lain.

Sebelum mendeklarasikan capres, lanjut dia, harus ada kepastian partai mana saja yang akan berkoalisi dengan Gerindra. ’’Kami belum bisa memastikan kapan deklarasi dilakukan sebelum ada kepastian koalisi,’’ tuturnya.

Jika PKS ingin bergabung dengan Gerindra, tutur dia, pihaknya tentu sangat senang. Begitu juga partai lain yang ingin bergabung dengan partainya. ’’Kami pastikan dulu siapa yang akan bergabung,’’ ungkap dia.

Selain PKS, ada PAN yang mungkin akan bergabung. Begitu juga halnya dengan PKB, Partai Demokrat, dan PBB. Semuanya masih serbamungkin. Masih ada waktu tiga bulan untuk membangun koalisi. Saat ini, lanjut dia, partainya terus menjalin komunikasi politik dengan partai lain.

Bagaimana tawaran sembilan nama yang disodorkan PKS? Riza mengatakan, nama-nama yang diajukan PKS merupakan tokoh yang punya kompetensi. Tentu partai Islam itu menjaring nama-nama tersebut dengan sangat ketat. Namun, juga ada sosok selain dari PKS. Misalnya, Muhaimin Iskandar dari PKB, Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat), dan Yusril Ihza Mahendra (Partai Bulan Bintang).

Partai Gerindra belum mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2019, karena masih menungu kepastian koalisi dengan partai lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News