Deklarasikan Gerakan Kebangsaan Jamin Kebhinnekaan

Deklarasikan Gerakan Kebangsaan Jamin Kebhinnekaan
SEJUMLAH tokoh lintas agama mendeklarasikan Gerakan Kebangsaan Menjamin Kebhinekaan dan Kebebasan Beragama, di kantor DPP PKB, Rabu (9/2). Hadir dalam deklarasi itu Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, Pendeta Jeffrey Tambayong, Rohaniawan Franz Magnis Suseno dan tokoh NU Musdah Mulia dan Ketua Presidium Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Muliawan Margadana. Foto : Arundono Wicaksono/JPNN
JAKARTA - Sejumlah pemuka agama hadir di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (9/2). Mereka mendeklarasikan 'Gerakan Kebangsaan Menjamin Kebhinekaan dan Kebebasan Beragama, Berkeyakinan dan Beribadah' sebagai respon terhadap maraknya kekerasan yang mengatasnamakan agama akhir-akhir ini di sejumlah daerah.

Sebelum acara deklarasi, Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, menyatakan, kekerasan yang mengatasnamakan agama harus ditindak tegas. "Kita Mengutuk keras tindak kekerasan dengan mengatasnamakan agama yang terjadi beruntun. Selayaknya kita menguatkan persaudaraan dan rasa kebangsaan," ujar Muhaimin.

Hadir pada acara itu rohaniawan Franz Magnis Suseno, Musdah Mulia, Pdt. Jeffrey Tambayong dan sejumlah pemuka agama lainnya. Menurut Muhaimin, Polri selayaknya bisa bersikap profesional dan sistematis. “Melalui intelijen yang dimiliki, Kepolisian mestinya bergerak sigap begitu mendengar adanya isu kekerasan,” tegas Muhaimin.

Ia juga meminta kader PKB maupn warga nahdliyin tidak terprovokasi dengan aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama. "Nadhlyin tidak mau dan terlibat kelompok atas nama Islam yang tidak mengerti sesungguhnya makna Islam," ucapnya.

JAKARTA - Sejumlah pemuka agama hadir di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (9/2). Mereka mendeklarasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News