Delapan Perempuan Lolos, Yayuk Raup Suara Terbanyak

Delapan Perempuan Lolos, Yayuk Raup Suara Terbanyak
Suasana saat PDIP menggelar kampanye akbar terbuka di Parkir Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (31/3). Foto: Ist

jpnn.com, BADUNG - Dari rekapitulasi suara Pemilu 2019 sudah bisa diketahui hampir seperempat kursi DPRD Badung diduduki politisi perempuan.

Berdasarkan perolehan suara, setidaknya ada delapan perempuan yang akan mewakili suara rakyat ‘Gumi Keris’ untuk periode 2019-2024. Periode sebelumnya, perempuan yang duduk di kursi legislator hanya tiga orang dari 40 kursi yang tersedia.

Dari delapan perempuan yang lolos, enam di antaranya berkendaraan PDIP. Sedangkan dua sisanya Golkar. Menariknya, peraih suara tertinggi di antara caleg perempuan ini adalah pendatang baru. Ia adalah Yayuk Agustin Lessy yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Kuta Utara.

Politisi anyar ini meraup 7.087 suara, tepat di bawah Ketua DPRD Badung Putu Parwata yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung dengan 8.879 suara.

Di posisi kedua juga diduduki pendatang baru, yakni politisi PDIP, IGA Agung Inda Trimafo Yudha. Cucu Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini meraup 5.818 saat bertarung di Dapil Petang.

BACA JUGA: Prabowo Sampaikan Pesan untuk Pendukung yang Gelar Aksi di Bawaslu

Sementara di posisi ketiga ada petahana Ni Putu Yunita Oktarini. Mantan Putri Indonesia Tahun 2006 yang juga di bawah naungan banteng moncong putih ini berhasil meraup 5.158 suara.

Empat perempuan lainnya yang juga dipastikan ikut lolos masing-masing adalah Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi. Pendatang baru lewat PDIP ini bertarung di Dapil Mengwi dan meraih 3.734 suara. Selanjutnya ada Ni Ketut Sueni yang bertarung di Dapil Kuta Selatan. Politisi Golkar ini mendapat 3.498 suara.

Delapan caleg perempuan di Pemilu 2019 di Kabupaten Bandung bakal duduk di kursi DPRD setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News