Delta AY 4.2 Varian Baru Covid-19 Lebih Ganas, Pak Luhut Siapkan Langkah Tegas

Delta AY 4.2 Varian Baru Covid-19 Lebih Ganas, Pak Luhut Siapkan Langkah Tegas
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah terus berupaya menghalau potensi varian corona baru masuk dari negara lan. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Penanggung Jawab PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan subvarian Covid-19 bernama Delta AY 4.2 sudah menyebar di Malaysia.

Menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi itu pun meminta masyarakat Indonesia mewaspadai potensi Delta AY 4.2 masuk dari negeri jiran.

"Jangan ada pikiran kami tidak konsisten. Strategi kami, taktik kami, akan selalu bermuara pada Covid-19 ini," kata Luhut dalam konferensi pers virtual seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (8/11). 

Luhut mengungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat terbatas itu memaparkan varian Delta AY 4.2 dari Inggris masuk ke Malaysia.

"Ini (Delta AY 4.2, red) menurut saya mesti kita waspadai," kata Luhut.

Mantan Duta Besar RI untuk Singapura itu juga mengatakan ada kemungkinan pemerintah bakal kembali melakukan pengetatan, terutama terhadap pelaku perjalanan orang dari luar negeri.

"Mungkin karantinanya naik jadi tujuh hari. Ini juga tidak tertutup kemungkinannya. Jadi, jangan nanti dikatakan bolak-balik. Tidak sama sekali. Kami sangat hati-hati," tuturnya.

Luhut menegaskan kebijakan yang diberlakukan saat ini beserta perubahannya didasarkan pada sains dan data. Menurutnya, pemerintah membaca data terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Penanggung Jawab PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mewaspadai subvarian Covid-19 bernama Delta AY 4.2 yang sudah mengganas di Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News