Demi Investasi, Jokowi Bicara Pembebasan Pajak bagi Investor

Demi Investasi, Jokowi Bicara Pembebasan Pajak bagi Investor
Presiden Joko Widodo saat membuka rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (12/2). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya bekerja lebih keras menarik investasi ke Tanah Air. Sejumlah strategi yang bisa dilakukan antara lain memberikan insentif yang menarik bagi para investor.

Itu disampaikan Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, saat membuka rapat terbatas Kabinet Kerja membahas peningkatan investasi, di Kantor Presiden, Istana Kenegaraan Jakarta, Selasa (20/2).

Dikatakan Jokowi, iklim investasi yang sekarang dalam kondisi sangat baik harus dikuti dengan terobosan dan langkah-langkah yang inovatif, sehingga investasi lebih banyak lagi masuk ke Indonesia.

"Saya juga melihat negara-negara lain dalam upaya menarik investor, menarik investasi juga berlomba-lomba menawarkan berbagai insentif untuk meningkatkan daya tarik bagi investor," ucap Presiden.

Menurutnya, negara seperti India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, semua melakukan langkah progresif dalam mempromosikan kemudahan berinvestasi di negara mereka. Skema-skema insentif yang mereka siapkan bagi investor sangat menggiurkan.

"Artinya jika kita tidak melakukan perbaikan, tidak melakukan inovasi dalam pelayanan perizinan, memangkas regulasi yang menghambat, maka kita akan makin ditinggal," ungkap suami Iriana.

Karena itu dia meminta jajarannya mengkalkulasi insentif apa saja yang bisa diberikan kepada investor, baik di dalam maupun luar negeri.  

Mantan gubernur DKI Jakarta ini pun membahas soal kemungkinan dioptimalkannya pemberian tax holiday (pembebasan pajak), tax heaven (suaka pajak).

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya bekerja lebih keras menarik investasi ke Tanah Air

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News