Minggu, 22 Juli 2018 – 17:34 WIB

Demi Kedaulatan Pangan, Harus Aktif Berantas Korupsi

Kamis, 12 Juli 2018 – 19:27 WIB
Demi Kedaulatan Pangan, Harus Aktif Berantas Korupsi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnain meminta Presiden Joko Widodo untuk proaktif memberantas korupsi di sektor pertanian.

Menurutnya, kerawanan korupsi di sektor pertanian akan mengaburkan impian Indonesia untuk menuju kedaulatan pangan.

Zulkarnain mengatakan, KPK tidak bisa sendirian menangani persoalan sektor pangan atau pertanian yang memiliki banyak celah korupsi.

“KPK tidak bisa sendiri, harus menggandeng semua. Terutama kepala negara,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain menjelaskan, pria yang akrab disapa Jokowi itu harus memerhatikan persoalan ini, mengingat penanganan tidak bisa hanya mengandalkan penindakan atau penangkapan.

Menurut dia, penangkapan yang dilakukan KPK selama ini hanya sebagian kecil dari banyaknya dugaan tindak korupsi di lapangan.

“Maka pencegahan itu, eksekusi perbaikannya harus bekerja sama dengan presiden, dengan kementerian lembaga terkait. Yang bisa menekan itu presiden. KPK sulit menekan itu kecuali, yang sudah bermasalah pidananya, cukup bukti dan masuk kewenangannya dia (KPK), baru bisa,” kata Zulkarnain.

Dia melanjutkan, selain kerugian negara akibat penyelewengan anggaran, kerugian akibat korupsi sektor pangan sangat berdampak bagi petani.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar