Demi Menyelidiki Kecurangan Pemilu 2024, Ganjar: Hak Angket Paling Bagus 

Demi Menyelidiki Kecurangan Pemilu 2024, Ganjar: Hak Angket Paling Bagus 
Ganjar Pranowo saat Debat Capres Pemilu 2024 di KPU, Selasa (12/12/2023) malam. Foto/Arsip: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan hak angket di DPR RI bisa menjadi momen semua pihak membuktikan terjadi atau tidaknya kecurangan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal demikian yang membuat pria berambut putih itu mendorong partai yang bercokol di parlemen menggunakan hak angket terhadap dugaan kecurangan pada pesta demokrasi yang baru saja digelar.

Awalnya, Ganjar bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) melaksanakan rapat sehari setelah pencoblosan.

Dalam rapat itu, katanya, semua pihak bersepakat terjadi anomali suara dan kejanggalan dari sistem berkaitan rekapitulasi.

“Apakah benar terjadi situasi anomali-anomali, jawabannya iya. Apakah benar sistemnya ini ada kejanggalan jawabannya iya. Apakah benar ada cerita-cerita di masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan jawabannya iya,” kata dia kepada awak media di Jakarta, Rabu (21/2).

Ganjar mengatakan KPU sebagai penyelenggara pemilu perlu dimintai klarifikasi oleh DPR menyikapi berbagai kejanggalan dalam kontestasi politik.

"Kalau ingin melihat, membuktikan, dan mengetahui, hak angket paling bagus, karena menyelidiki, di bawahnya interpelasi,” ungkap alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Ganjar dari situ mendorong DPR bisa bergerak menyikapi segala kejanggalan dalam pemilu, setidaknya meminta klarifikasi. 

Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan hak angket bisa menjadi momen pembuktian terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News