Demi Obama, Warner Bros Tunda Film McCain

Demi Obama, Warner Bros Tunda Film McCain
Obama berjalan mendahului rivalnya, John McCan usai debat capres AS putaran terakhir. Foto : AFP
LOS ANGELES - Memanasnya pertarungan pada pemilihan presiden AS antara kandidat Demokrat Barack Obama dan kandidat Republik John McCain berpengaruh pada sebuah produksi film. Warner Brothers harus menunda peluncuran salah satu filmnya dalam versi DVD itu, hingga usai pemilihan presiden 4 November yang akan datang. Pasalnya film itu menampilkan wawancara dengan McCain yang terkait dengan tahanan perang Amerika di Hanoi Hilton, Vietnam 1987.

Kisah tahanan yang di penjara Hoa Lo itu selanjutnya akan dirilis 11 November, seminggu setelah pemilu. Sejatinya film tersebut telah dirilis pada bulan ini. Warner Brothers memutuskan ini, karena tidak ingin memberikan keuntungan kepada kampanye McCain yang saat itu menjadi pilot angkatan laut. Dia mendapatkan siksaan selama penahanannya di Vietnam Utara Oktober 1967. Mereka khawatir peluncuran DVD ini akan berpengaruh terhadap pilpres AS.

”Itu hanya upaya agar lebih netral dan tidak berdampak pada salah satu pihak,” ujar Ronnee Sass, jubir Warner Brothers, kepada New York Times. Bos Warner Brothers, Barry Meyer, bulan lalu hadir dalam malam dana Obama, yang merupakan saingan McCain.

Tak heran langkah ini membuat berang penulis dan sutradaranya Lionel Chetwynd, yang lebih konservatif. “Sulit mencari orang di Hollywood yang tidak perduli pemilu, seperti mencari perawan di tempat pelacuran,” ujarnya kepada New York Times. Karena bagaimanapun persaingan di industri itu tetap berlangsung. Pada hari ini Jumat (17/10) studio lain merilis dan mempromosikan film yang bertema politis tentang Presiden George W Bush yang disutradarai Oliver Stone.

LOS ANGELES - Memanasnya pertarungan pada pemilihan presiden AS antara kandidat Demokrat Barack Obama dan kandidat Republik John McCain berpengaruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News