Demi Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Menteri Siti Bakal Keliling Indonesia

Demi Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Menteri Siti Bakal Keliling Indonesia
Menteri LHK Siti Nurbaya di Persemaian Permanen di KPH Pekalongan Barat, Kabupaten Tegal. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, TEGAL - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja inspeksi kebun bibit di Tegal, Jawa Tengah.  Tepatnya di Persemaian Permanen di KPH Pekalongan Barat, Kabupaten Tegal.

Kunjungan ini sebagai bagian dari rangkaian kerja program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) menjelang musim hujan di Indonesia. 

Dalam kunjungan itu, Menteri Siti mengatakan sebelum tahun 2019, luasan RHL di Indonesia sebesar 23 ribu hektare.

Kini pada tahun ini mencapai 206 ribu hektare. Artinya meningkat hampir 10 kali lipat.

"Saya sedang berkeliling Indonesia untuk observasi ke persemaian, dari mulai persemaian yang disiapkan pemerintah sampai kebun bibit masyarakat. Karena keberhasilan tumbuh kembangnya pohon dimulai dari pembibitan yang baik. Bapak Presiden juga menugaskan untuk melakukan pemulihan lingkungan," ujar Menteri Siti.

Demi Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Menteri Siti Bakal Keliling Indonesia

Menteri lulusan IPB itu juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon sebagai upaya pemulihan selain pencegahan terhadap banjir dan kekeringan.

"Caranya yaitu mari kita menanam pohon, kita perbaiki lahan kritis. Percayalah kalau pohonnya bagus, airnya juga akan bagus, lingkungan yang baik bagi masyarakat juga terawat," imbuh Menteri Siti.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyiapkan 25 bibit gratis per orang untuk masyarakat yang ingin menanam pohon.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News