Demi Ruhut, FPD Siap Lobi Fraksi Lain

Demi Ruhut, FPD Siap Lobi Fraksi Lain
Ruhut Sitompul. Foto: Dok

jpnn.com - JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat di DPR RI belum terpengaruh oleh penolakan sejumlah anggota komisi III DPR atas penunjukkan Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III DPR yang menggantikan I Gede Pasek Suardika.

Ketua FPD, Nurhayati Ali Assegaf saat ditemui di ruang FPD, komplek DPR RI, Jumat (20/9) mengatakan, adanya penolakan itu tidak akan membuat FPD mengubah keputusan rotasi yang sudah diumumkan dan mengganti Ruhut dengan kader FPD lain.

"Kami rasa tidak. Kenapa kami harus mengubah keputusan, sementara kami menghargai keputusan partai lain," kata Nurhayati.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itupun merasa yakin Ruhut bisa mengatasi persoalan yang ada di komisi III, termasuk memahami bahwa untuk memimpin komisi III, dia harus punya leadership. Apalagi rotasi ini sudah direncanakan sejak lama.

Tapi bagaimana FPD menyikapi bila penolakan terhadap Ruhut terus bergulir dan semakin besar. Apalagi setelah menempuh jalan musyawarah dan mufakat hingga berujung voting? Apakah FPD sudah menyiapkan pengganti Ruhut? Nurhayati tetap tidak akan mengubah apa yang sudah menjadi keputusan fraksinya.

Sebaliknya, sebagai pimpinan FPD, dia akan melakukan pendekatan kepada fraksi-fraksi yang ada di komisi III. "Yang jelas sebagai sebagai ketua fraksi kami akan melakukan lobi-lobi politik. Itu keniscayaan dalam politik dan itu tidak dilarang," jawabnya.

Lobi politik itu, lanjutnya, bukan berarti sebuah peluang untuk mencari pengganti Ruhut untuk memimpin komisi III, namun untuk melakukan penjajakan dan pendekatan agar Ruhut tetap bisa diterima dan diberi kepercayaan memimpin komisi tersebut.

"Bukan peluang untuk mengganti, lobi itu untuk memberi pengertian, kenapa menolak? Karena kami menghargai keputusan fraksi lain, kami minta mereka juga menghargai. Sekali lagi, memimpin komisi tidak harus punya pengalaman," tegas Nurhayati.(fat/jpnn)

JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat di DPR RI belum terpengaruh oleh penolakan sejumlah anggota komisi III DPR atas penunjukkan Ruhut Sitompul sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News