Demi Teleskop Raksasa Ini, 10 Ribu Orang Dipindahkan

Demi Teleskop Raksasa Ini, 10 Ribu Orang Dipindahkan
Pemerintah Tiongkok harus memindahkan sekitar 10.000 orang untuk membangun teleskop raksasa ini. Foto: AFP

jpnn.com - GUIZHOU - Proyek teleskop radio atau FAST terbesar di dunia milik Tiongkok akan segera beroperasi. Teleskop berdiameter 500 meter itu dibangun di Provinsi Guizhou, barat daya Tiongkok ini. 

Namun sebelum beroperasi pemerintah Tiongkok harus memindahkan sekitar 10.000 orang yang berdiam dalam radius lima kilometer di sekitar lokasi teleskop untuk mencegah terkena gelombang elektromagnetik.

Seperti dilansir Independent, penduduk yang akan dipindahkan itu akan mendapat ganti rugi sekitar Rp24 juta dan beberapa di antaranya masih mendapat bantuan untuk perumahan.

FAST yang dibangun dengan biaya sebesar Rp2,5 triliun ini akan mengalahkan Arecibo di Puerto Rico, yang selama ini merupakan teleskop radio terbesar dunia, dengan diameter 300 meter.

Direktur Jenderal Masyarakat Astronomi Tiongkok, Wu Xiangping, mengatakan teleskop antara lain akan digunakan untuk menemukan eksistensi 'kehidupan' di jagat raya.(ray/jpnn)

GUIZHOU - Proyek teleskop radio atau FAST terbesar di dunia milik Tiongkok akan segera beroperasi. Teleskop berdiameter 500 meter itu dibangun di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News