Demo Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Sampaikan 5 Tuntutan, DPRD Sumsel Berjanji Meneruskan

Demo Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Sampaikan 5 Tuntutan, DPRD Sumsel Berjanji Meneruskan
Ratusan mahasiswa yang tergabung dari Aliansi UIN Raden Fatah Palembang Peduli Rakyat melakukan aksi unjuk rasa di Simpang 5 DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Senin (5/9). Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi UIN Raden Fatah Palembang Peduli Rakyat menyampaikan lima tuntutan dalam aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang digelar di Simpang 5 DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Senin (5/9).

Hendra (23), mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang mengungkap lima tuntutan aliansi pada demonstrasi itu.

1. Kami mahasiswa Indonesia, menolak kenaikan harga BBM, karena akan berefek domino terhadap harga bahan pokok kerakyatan. 

2. Kami ,ahasiswa Indonesia, mengecam inkosintensi sikap pemerintah dalam menyikapi persoalan terhadap subsidi BBM. 

3. Meminta pemerintah untuk mengevaluasi kinerja Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dalam penyaluran BBM subsidi. 

4. Menindak tegas terhadap penyelewangan penyaluran karena pembengkakan harga BBM terjadi akibat subsidi yang tidak tepat sasaran. 

5. Menuntut transparansi distribusi kuota BBM subsidi kepada masyarakat, agar tidak mengalami missubsidi BBM. 

“Kami berharap lima tuntutan ini dapat dikabulkan pemerintah,” kata Hendra. 

Mahasiswa menyampaikan lima tuntutan saat aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di depan DPRD Sumsel. DPRD janji meneruskan tuntutan itu ke DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News