Demokrat Dominasi Senat

Demokrat Dominasi Senat
Demokrat Dominasi Senat
SEPERTI diduga, kemenangan Barack Obama dalam pertarungan menuju Gedung Putih dibarengi dengan kian kuatnya cengkeraman Partai Demokrat di Senat. Dalam proses pemilihan yang berbarengan dengan pilpres, Demokrat berhasil menambah lima kursi lagi. Total, lawan politik Partai Republik itu kini menguasai 56 di antara seratus kursi badan legislasi tertinggi di Negeri Paman Sam tersebut.

Selain di Senat, Demokrat menambah kekuatan di House of Representatives (DPR) dan beberapa pos gubernur negara-negara bagian.

"Malam ini (kemarin pagi WIB, Red), kami mendapatkan mandat. Bukan mandat untuk sebuah partai atau ideologi, tapi benar-benar mandat untuk perubahan, harapan," papar pemimpin Senat Demokrat Harry Reid kemarin (5/11). Senator Nevada itu menegaskan, mandat tersebut memerintahkan seluruh anggota Senat untuk berhenti bertengkar dan mulai bekerja sama demi Amerika.

Kendati menambah kursi, dominasi Demokrat di Senat tidak seperti yang diharapkan. Demokrat berharap agar kemenangan Obama mampu menghadirkan kombinasi 60:40 di Senat. Sebab, itulah kombinasi yang paling pas untuk membuat partai penguasa solid dan kebijakannya tidak bisa dihadang kubu Republik. Tapi, ternyata, Demokrat hanya mampu menguasai 56 kursi dan menyisakan 46 yang lain untuk Republik.

SEPERTI diduga, kemenangan Barack Obama dalam pertarungan menuju Gedung Putih dibarengi dengan kian kuatnya cengkeraman Partai Demokrat di Senat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News