Demokrat Peduli Bantu Korban Banjir di Bekasi

Demokrat Peduli Bantu Korban Banjir di Bekasi
Wakil Sekjen Partai Demokrat, Saan Mustopa (tengah) bersama Wakil Bupati Bekasi, Rohim Mintaredja (paling kiri) saat mengungjungi Kampung Selang Nangka di Desa Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (18/1). Kampung Selang Nangka dilanda banjir akibat luapan Kali Cisadang. Foto: Dokumentasi Partai Demokrat
KARAWANG - Banjir besar akhir-akhir ini tak hanya melanda wilayah DKI Jakarta. Di wilayah lain pun banjir juga tak bisa dicegah lagi lantaran curah hujan tinggi sementara saluran air yang ada tak mampu menampung lagi. Karenanya, pemerintah pusat dan daerah harus bisa kompak dalam mencegah dan menangani banjir dengan membuat program pembangunan yang efektif mencegah banjir.

Hal itu disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR, Saan Mustopa saat menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (18/1). "Pemerintah pusat dan daerah memang harus bekerjasama menjalankan program pembangunan yang mampu mencegah banjir. Ini tidak bisa sepihak," kata Saan yang di depan warga Kampung Selang Nangka, Desa Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

 

Saan yang datang dalam rangka menjalankan program "Demokrat Peduli Banjir" itu menyebut upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah banjir adalah penguatan dan perawatan tanggul sungai maupun waduk agar tidak jebol saat volume air membesar. Namun diakuinya, penguatan tanggul saja belum tentu cukup efektif mengatasi banjir. "Program normalisasi kali, pengerukan dan pelebaran jalur kali juga perlu dijadikan prioritas," cetus pria yang juga Wakil Sekjen PD itu.

Saan mencontohkan kawasan Kampung Selang Nangka yang kebanjiran karena luapan air dari Kali Cisadang. Akibat tanggul kali tak mampu lagi, luapan air akhirnya menggenangi lebih dari 1000 rumah penduduk dengan ketinggian bervariasi.

KARAWANG - Banjir besar akhir-akhir ini tak hanya melanda wilayah DKI Jakarta. Di wilayah lain pun banjir juga tak bisa dicegah lagi lantaran curah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News