Demonstran Hong Kong Blokade Jalan Dekat Kantor Polisi

Demonstran Hong Kong Blokade Jalan Dekat Kantor Polisi
Demonstran berhasil membobol gedung Parlemen Hong Kong, Senin (1/7). Foto: Reuters

jpnn.com, HONG KONG - ''Kami masih di sini.'' Penegasan itu dilontarkan Wong, salah seorang demonstran di Hong Kong. Kemarin, Senin (11/8) dia dan ribuan penduduk lainnya kembali turun ke jalan. Mereka berkumpul di Victoria Park sebelum menyebar ke berbagai titik di penjuru Hong Kong.

Aksi itu tentu saja ilegal. Sebagian besar akhirnya berujung ricuh. ''Polisi seharusnya berupaya sebaik-baiknya untuk menjaga keamanan publik. Bukannya menolak permintaan kami untuk turun ke jalan,'' ucap demonstran 25 tahun tersebut.

Massa di Sham Shui Po memblokade jalan di dekat kantor polisi. Mereka juga menyinari kantor polisi dengan laser warna biru. Salah seorang demonstran melemparkan batu dan dibalas dengan gas air mata oleh polisi.

BACA JUGA: Ancaman Menyeramkan dari Tiongkok untuk Dalang Demonstrasi Hong Kong

Sudah ada ratusan demonstran yang ditangkap polisi sejak awal demo sepuluh pekan lalu. Sabtu (10/8), 16 orang ditahan. Namun, penangkapan itu tak membuat demonstran gentar.

Warga Hong Kong justru kian getol berunjuk rasa. Mereka kini punya taktik baru. Yakni, menyebar dan berjalan di sejumlah lokasi untuk menghindari penangkapan dalam jumlah besar. Mereka menyebutnya menjadi seperti air.

''Tujuan kami adalah tidak terluka, tidak berdarah, dan tidak tertangkap,'' ujar Chan, salah seorang demonstran, seperti dikutip Agence France-Presse. (sha/c18/sof)


demonstran di Hong Kong. Kemarin, Senin (11/8) dia dan ribuan penduduk lainnya kembali turun ke jalan. Mereka berkumpul di Victoria Park sebelum menyebar


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News