Demonstran Thailand Kepung Stadion Bangkok

Demonstran Thailand Kepung Stadion Bangkok
Demonstrasi di Thailand. Foto: Getty Images

jpnn.com - BANGKOK--Puluhan ribu demonstran Thailand telah mengepung sebuah stadion olah raga di Bangkok, yang akan dijadikan lokasi kampanye seorang calon peserta pemilu.

Massa memblokir semua pintu masuk ke stadion untuk menolak tawaran pemilu yang diserukan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra sebagai jawaban atas tuntutan agar dirinya mundur.

Menurut situs BBC, Senin (23/12), PM Yingluck Shinawatra sendiri menolak tuntutan pengunjuk rasa agar dirinya mundur sebelum pemilihan umum dilakukan. Sebaliknya, Yingluck mengatakan akan membubarkan parlemen dan menggelar pemilu pada awal Februari tahun depan.

Namun usulan ini dijawab oleh pendukung kelompok oposisi Partai Demokrat yang mengatakan akan melakukan boikot pemilu pada 2 Februari mendatang.

Sementara itu, tuntutan agar Yingluck Shinawatra mundur dari kursi Perdana menteri terus berlanjut, setelah anggota parlemen dari Partai Demokrat menyatakan mundur secara bersamaan dari parlemen. Dalam berbagai aksinya, kelompok oposisi mendesak Yingluck mengundurkan diri karena dianggap dikendalikan Thaksin Shinawatra yang kini mengasingkan diri di luar negeri.

Mantan PM Thailand yang digulingkan, Thaksin Shinawatra, sebenarnya diidolakan kalangan masyarakat pedesaan dan kelas pekerja, khususnya di wilayah utara dan timur. Dia merupakan taipan dan belakangan terjun ke politik. Sementara kelompok elit dan intelektual menentang Thaksin karena dianggap sebagai koruptor.

Partai-partai pro-Thaksin memenangkan pemilu di negeri Gajah ini sejak 2001, termasuk kemenangan telak Yingluck dua tahun lalu.

Di sisi lain, menanggapi aksi demo pihak oposisi, Yingluck menyatakan negara harus memegang teguh sistem demokrasi. "Jika Anda tidak menerima pemerintahan ini, terima sistem demokrasi yang ada," kata Yingluck .

BANGKOK--Puluhan ribu demonstran Thailand telah mengepung sebuah stadion olah raga di Bangkok, yang akan dijadikan lokasi kampanye seorang calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News