Dentsu Ciptakan Aplikasi Penghambat Kepunahan Koran

Dentsu Ciptakan Aplikasi Penghambat Kepunahan Koran
Foto: Dentsu.Com
TOKYO - Koran selama ini dikenal "tak ramah" pada anak-anak. Pasalnya, hanya sedikit penerbit koran yang mau menyediakan halaman khusus soal anak. Kalaupun ada, tak jarang rubrik atau halamannya pun kaku sehingga kurang menarik jika dibaca anak.

Tapi penemuan Tokyo Shinbun dan sebuah biro iklan asal Jepang, Dentsu, diperkirakan bakal jadi terobosan yang memunculkan minat baca pada anak untuk membaca koran sejak dini. Dan sangat mungkin temuan itu memanjangkan umur koran yang sejak lama diprediksi bakal tergusur kepraktisan serta kecepatan media online.

Penerbit salah satu koran terbesar di Jepang dan biro iklan itu berhasil menciptakan perangkat lunak smartphone yang diklaim bisa menerjemahkan isi artikel koran menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Caranya sangat mudah. Jika biasanya koran dibaca dengan mata telanjang, maka untuk anak-anak bisa lewat smartphone berkamera yang sudah terpasang perangkat lunak tadi.

Begitu kamera disorotkan ke teks artikel atau berita yang ada di koran, maka yang muncul bukan hanya teks saja. Perangkat lunak itu menterjemahkan sendiri menjadi tampilan kartun. Tokoh inilah yang nantinya akan membacakan isi teks.

TOKYO - Koran selama ini dikenal "tak ramah" pada anak-anak. Pasalnya, hanya sedikit penerbit koran yang mau menyediakan halaman khusus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News