Depkeu Stop Terbitkan SUN

Depkeu Stop Terbitkan SUN
Depkeu Stop Terbitkan SUN
JAKARTA - Pemerintah menghentikan penerbitan Surat Utang Negara (SUN) hingga akhir tahun ini. Selain karena situasi pasar dalam negeri masih tidak kondusif, pembiayaan untuk menutup defisit APBN Perubahan 2008 dinilai sudah cukup.

Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu Rahmat Waluyanto mengatakan peniadaan lelang merupakan upaya terbaik untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan pasar. Terlebih, harga SUN kemarin sudah sangat jatuh.

"Volatilitas pasar SUN saat ini sangat tinggi di mana penurunan harga SUN Senin 6 Oktober mencapai 600 points," kata Rahmat dari Dubai, Selasa (7/10).

Rahmat menambahkan kebutuhan dana untuk pembiayaan APBNP 2008 telah terpenuhi dari jumlah total penerbitan SBN (SUN dan Sukuk) sebesar Rp 126 triliun. Selain itu, perkiraan out-turn APBNP 2008 cukup positif, di mana defisit akan jauh lebih rendah dibandingkan proyeksi 1,7 persen dari PDB. Penurunan ini karena adanya optimalisasi belanja dan penyerapan anggaran yang lebih rendah dari target.

JAKARTA - Pemerintah menghentikan penerbitan Surat Utang Negara (SUN) hingga akhir tahun ini. Selain karena situasi pasar dalam negeri masih tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News