Deretan Kasus Besar yang Diungkap Komjen Listyo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Deretan Kasus Besar yang Diungkap Komjen Listyo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengajukan nama Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri kepada pimpinan DPR.

Listyo diketahui saat ini sebagai orang nomor satu di Bareskrim. Dia sudah banyak mengungkap kasus besar yang menyita perhatian publik. Tak hanya itu, pembenahan internal juga terus dilakukan di tubuh reserse tersebut.

Dari data kepolisian, diketahui pada awal menjabat, Sigit langsung tancap gas dengan mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Pada 27 Desember 2019 atau 12 hari setelah dilantik sebagai Kabareskrim, Sigit mengumumkan secara langsung penangkapan dua terduga pelaku kasus tersebut. Mereka adalah, RM dan RB, keduanya merupakan oknum anggota kepolisian.

"Tadi malam tim teknis telah mengamankan pelaku yang diduga melakukan penyiraman terhadap saudara NB, pelaku ada dua orang inissial RM dan RB," ujar Listyo beberapa waktu lalu.

Tak lama setelah itu, Bareskrim Polri melimpahkan tahap II kasus tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi Kondensat PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), ke Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah dinyatakan lengkap atau P21.

Diketahui, kasus ini sudah bergulir sejak 2015 lalu dan mangkrak lama lantaran adanya kendala non-teknis. Namun, adanya koordinasi yang kuat antara Bareskrim dan Kejaksaan Agung akhirnya perkara tersebut bisa dirampungkan.

Dalam pengadilan, Honggo divonis 16 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan kurungan. Sementara dua tersangka lainnya Raden Priyono dan Djoko Harsono divonis 4 tahun penjara ditambah denda Rp 200 juta subsider 2 bulan.

Presiden Jokowi telah menyodorkan nama Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri. Komjen Listyo pun diketahui telah mengungkap banyak kasus besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News