Rencana Calon Kapolri Perkuat Peran Polsek Dinilai Sangat Tepat

Rencana Calon Kapolri Perkuat Peran Polsek Dinilai Sangat Tepat
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan calon kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang bakal memperkuat kepolisian sektor (polsek) dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), diyakini menjadi program unggulan Polri ke depan.

Karena menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan, gagasan tersebut sangat baik.

"Kami melihat gagasan calon kapolri ini sangat bagus memperkuat peran polsek dalam pembinaan harkamtibmas dengan mengedepankan personel Babinkamtibmas (Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) yang lebih kuat," ujar Edi dalam keterangannya, Senin (25/1).

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini kemudian menjabarkan hasil kajian yang dilakukan Lemkapi beberapa waktu belakangan.

Menurutnya, masyarakat saat ini menginginkan agar peran fungsi pembinaan polsek di tengah masyarakat diperkuat.

Artinya, ketika ada pengaduan tindak pidana ringan maka hal yang pertama dilakukan yakni penyelesaian lewat kekeluargaan atau lewat restoratif justice.

"Kebijakan ini lebih diterima dan adil menurut semua pihak," ucap pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta ini.

Edi lebih lanjut memperkirakan kantor polsek ke depan akan semakin ramai.

Rencana calon kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memperkuat polsek-polsek yang ada, dinilai sangat tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News