Laode Ida: Komjen Listyo Sigit Prabowo Sosok Pengayom

Laode Ida: Komjen Listyo Sigit Prabowo Sosok Pengayom
Laode Ida. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo kepada DPR sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Pilihan Presiden ini sangat tepat untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat sekarang ini.

“Karena Komjen Sigit dikenal sebagai sosok dan figur polisi yang santun, ramah, komunikatif dan sejuk. Akpol lulusan tahun 1991 ini pernah tugas di Sulawesi Tenggara dan meninggalkan kesan yang sangat positif di daerah itu,” kata mantan Wakil Ketua DPD RI Laode Ida di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Menurut Laode, saat Listyo menjadi Kapolda Banten, kendati awalnya sedikit mendapat reaksi penolakan dari sekelompok masyarakat, namun pada akhirnya harus diakui bahwa kepemimpinannya di Polda Banten sangat damai.

“Kami berharap tidak ada lagi pihak yang mempersoalkan keyakinan dari Komjen Sigit, karena disamping yang bersangkutan adalah figur yang memmiliki karakter toleransi yang tinggi dan teruji, juga yang perlu dicatat bahwa kepemimpinan di Polri adalah profesional; bukan berdasarkan agama,” tegas Laode yang juga Komisioner Ombudsman RI ini.

“Apalagi dalam sejarah Republik, Kapolri non-muslim baru pertama kali tahun 1970-an dan Komjen Sigit insyaAllah akan jadi orang kedua Kapolri yang non-muslim,” katanya.

Laode kembali menegaskan jabatan Kapolri bukan jabatan kepentingan ideologi dan agama tertentu. Hadir sebagai figur pencipta kedamaian, pencipta kesejukan dalam masyarakat, penegakan hukum dan perlindungan masyarakat yang heteregon di bangsa ini.

“Dan, sekali lagi, sosok itu ada pada diri Komjen Listyo Sigit Prabowo,” katanya.(fri/jpnn)

Laode Ida menegaskan jabatan Kapolri bukan jabatan kepentingan ideologi dan agama tertentu tetapi sebagai figur pencipta kedamaian, pencipta kesejukan dalam masyarakat, penegakan hukum dan perlindungan masyarakat yang heteregon di bangsa ini.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News