Desa Energi Berdikari Pertamina Terus Bertambah, Kini Ada 58 Lokasi di Indonesia

Desa Energi Berdikari Pertamina Terus Bertambah, Kini Ada 58 Lokasi di Indonesia
PT Pertamina (Persero) melalui program TJSL Desa Energi Berdikari (DEB) telah menambah 58 desa di Indonesia dalam memanfaatkan energi terbarukan guna menghidupkan roda ekonomi dan sosial di masyarakat. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Desa Energi Berdikari (DEB) telah menambah 58 desa di Indonesia yang telah memanfaatkan energi terbarukan untuk menghidupkan roda ekonomi dan sosial di masyarakat.

Hingga September 2023, terdapat 11 lokasi DEB di seluruh Indonesia.

Terkini, Pertamina melakukan instalasi energi terbarukan, berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di enam lokasi, yakni Desa Singapura (Kabupaten Lahat), Desa Tambakharjo (Semarang), Desa Eka Jaya (Jambi), Desa Tasikharjo (Kabupaten Tuban), Desa Larangan (Kota Cirebon), dan Desa Adat Kedonganan (Kabupaten Badung).

Pemasangan instalasi tersebut bekerja sama dengan Pertamina New & Renewable Energy yang merupakan anak usaha Pertamina yang bergerak dalam energi baru terbarukan.

Tidak hanya membangun infrastruktur, melalui program DEB juga dilakukan pemberdayaan masyarakat agar akselerasi transisi energi merata hingga ke pelosok desa dengan memanfaatkan sumber daya energi lokal.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menegaskan Pertamina akan terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan akses energi terbarukan bagi masyarakat Indonesia hingga mencapai kemandirian energi dan ekonomi.

“Kami terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan kesempatan dan mempercepat transisi energi bagi masyarakat salah satunya melalui program DEB yang bisa bermanfaat menggerakkan roda perekonomian,” ujar Fadjar.

Bukti nyata program Desa Energi Berdikari Pertamina mendukung roda perekonomian masyarakat, seperti yang dijalankan di Tasikharjo, Kabupaten Tuban, yang memanfaatkan energi panel surya untuk mendukung proses kegiatan UMKM.

PT Pertamina (Persero) melalui program TJSL Desa Energi Berdikari (DEB) telah menambah 58 desa di Indonesia dalam memanfaatkan energi terbarukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News