Desa Pulau Semambu Sulap Pertanian Lebih Ramah Lingkungan Berkat Energi Surya dari Pertamina

Desa Pulau Semambu Sulap Pertanian Lebih Ramah Lingkungan Berkat Energi Surya dari Pertamina
Masyarakat Desa Pulau Semambu di Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai pencapaian luar biasa dalam mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan berkat dukungan program Desa Energi Berdikari (DEB) dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel. Foto: Dokumentasi Humas Pertanian

jpnn.com, OGAN ILIR - Desa Pulau Semambu, terletak di Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir telah mencapai pencapaian luar biasa dalam mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan berkat dukungan program Desa Energi Berdikari (DEB) dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Melalui pemanfaatan energi surya yang terbarukan, program ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan.

DEB merupakan inisiatif utama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui pemanfaatan energi surya.

Program ini melibatkan aspek lingkungan, ekonomi, dan pendidikan.

Salah satu prestasi nyata dari program ini adalah penggunaan panel surya yang berhasil mengatasi tantangan dalam pengairan pertanian di desa ini.

Manajer Area Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengungkapkan program Desa Energi Berdikari merupakan bukti nyata komitmen Pertamina dalam memberi dukungan dan memberdayakan masyarakat melalui energi terbarukan.

"Kami telah menyediakan bantuan berupa panel surya, bukan hanya untuk memecahkan isu pengairan di pertanian, tetapi juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Tjahyo Nikho Indrawan.

Menggunakan panel surya berkapasitas 6,54 kWp dan teknologi penyimpanan energi baterai lithium sebesar 10 kWh, program ini mampu menghasilkan 8.442 kWh energi per tahun. Ini membawa potensi penghematan biaya listrik sekitar Rp13 juta per tahun.

Desa Pulau Semambu mengembangkan pertanian yang ramah lingkunganberkat dukungan program Desa Energi Berdikari dari Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News