Desain Baru Penataan Pelabuhan Benoa Disepakati, Pariwisata Bali Bisa Makin Tumbuh

Desain Baru Penataan Pelabuhan Benoa Disepakati, Pariwisata Bali Bisa Makin Tumbuh
Desain penataan Pelabuhan Benoa. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, BALI - Pengembangan dan penataan Pelabuhan Benoa kini memasuki fase baru. 

Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Benoa, menunjukkan rancangan yang akan dikelola sebagian besar sebagai hutan kota, dan sebagian lagi digunakan untuk terminal energi, industri perikanan, dan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL).

"Industri perikanan di Pelabuhan Benoa adalah salah satu yang terbesar di Indonesia, terutama pengolahan tuna. Dengan adanya pengembangan kawasan industri perikanan dan pengolahan ikan di Benoa, industri perikanan dan nelayan setempat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga ekspor tuna dapat ditingkatkan lebih maksimal. Yang fresh bisa langsung dikirimkan melalui Bandara Ngurah Rai, sedangkan yang beku bisa dikirim melalui Pelabuhan Benoa," ujar Direktur Utama Pelindo III usai rapat koordinasi bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Pemerintah Provinsi Bali, dan Pemerintah Kota Denpasar di rumah dinas Gubernur Bali, Sabtu (2/11).

Gubernur Bali Wayan Koster mengaku gembira pengembangan Pelabuhan Benoa akhirnya desain final disepakati bersama dan menampung aspirasi banyak pihak. Dia berjanji untuk mengawal dan memonitor pelaksanaannya. 

"Semua pihak telah bekerja untuk kebaikan bersama. Ini akan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat Bali," imbuhnya.

Doso menutrkan, bila dermaga Pelabuhan Benoa nanti jadi, kapal-kapal cruise yang bersandar di sana bisa dikelola secara lebih profesional, dan dapat didorong untuk menikmati wisata di luar kapal.

"Rata-rata sandar kapal cruise itu bersandar antara 6 hingga 8 jam, sehingga dengan pengelolaan yang profesional, mulai dari upacara penyambutan, atraksi, transportasi ke tempat-tempat wisata menarik dan sentra suvenir di luar pelabuhan, mereka dapat menggerakkan industri pariwisata. Selama ini, kapal-kapal tersebut tidak dapat sandar dan wisatawan harus diangkut dengan kapal-kapal yang lebih kecil. Itu membuat mereka juga enggan turun ke darat menikmati indahnya Bali," ujarnya.

Selain potensi pariwisata, menurut Doso, penyediaan logistik untuk kebutuhan kapal juga menjadi peluang bisnis yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha dan masyarakat di Bali.

Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Benoa, menunjukkan rancangan yang akan dikelola sebagian besar sebagai hutan kota, dan sebagian lagi digunakan untuk terminal energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News