Selasa, 19 Desember 2017 – 01:38 WIB

Desak Golkar segera Gelar Munaslub agar DPR Punya Ketua Baru

Jumat, 08 Desember 2017 – 13:07 WIB
Desak Golkar segera Gelar Munaslub agar DPR Punya Ketua Baru - JPNN.COM

Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyatakan, Partai Golkar harus segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk menentukan pengganti Setya Novanto di kursi ketua umum. Sebab, persoalan yang membelit Novanto juga telah berefek pada kehidupan bernegara.

Emrus mengatakan, sudah tiga pekan lebih kehidupan bernegara di tanah air tanpa ada ketua DPR lantaran Novanto menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena itu Emrus menegaskan, sesuai dengan UU MPR, DPR, DPD dan DPRD maka Partai Golkar harus bertanggung jawab atas posisi ketua DPR yang saat ini kosong.

"Golkar harus segera menyelenggarakan munaslub untuk memilih dan menentukan kepengurusan baru di Golkar," ujarnya, Jumat (8/12).

Menurutnya, lembaga  legislatif tidak boleh disandera oleh kepentingan dan atau kekuatan politik mana pun. Karena itu, Golkar juga harus segera menentukan pengganti Novanto di kursi ketua DPR.

Demi mengedepankan kepentingan negara, kata Emrus, maka Golkar harus secepatnya menggelar munaslub. Dia mengharapkan pada Minggu lusa (10/12) Golkar sudah punya ketua umum baru.

Selanjutnya pada Senin depan (11/12), Golkar sudah menunjuk kadernya di legislatif sebagai ketua DPR. "Di Golkar menurut saya masih ada kader yang memiliki kompotensi dan integritas kukuh yang dapat menakhodai lembaga legislatif," paparnya.(boy/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Komentar