Deteksi Dini Tiroid dan Batu Empedu

Deteksi Dini Tiroid dan Batu Empedu
Deteksi Dini Tiroid dan Batu Empedu

jpnn.com - PALEMBANG – Tiroid itu sebenarnya ada pada setiap orang, ada yang nampak dan ada pula yang tidak. Kesehatan tiroid harus dijaga dengan cara deteksi dini. Hal ini disampaikan Dr Ho Pey Woei yang merupakan Dokter Spesialis sepenuh waktu bedah umum dan bedah payudara dari RS Mahkota Medical Centre (MMC) pada acara health talk bertemakan “Pengenalan dan Cara Perawatan Penyakit Tiroid dan Batu Empedu” di Hotel Royal Asia belum lama ini.

Menurutnya, tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Ada dua jenis penyakit tiroid yaitu hipertiroid,  di mana kelenjar tiroid mengeluarkan hormon berlebihan. Kemudian penyakit hipotiroid, di mana kelenjar tiroid tidak berfungsi secara optimum sehingga hormon tidak dikeluarkan secukupnya. “Nah, bila seseorang yang sudah terserang penyakit tersebut, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan obat maupun dengan jalan operasi,” ungkap Dr Ho Pei Woei.

Tak hanya tiroid yang harus dideteksi dini kesehatan, sambungnya. Penyakit lain yang harus dideteksi dini adalah penyakit batu empedu. Di mana gejala dari penyakit ini yaitu rasa kembung angin, sakit perut setelah makan, dan mual atau muntah.

“Batu empedu ada dua macam, yaitu yang berwarna dan yang kolesterol. Untuk lebih efektifnya, pengobatan batu empedu dilakukan melalui operasi untuk membuang batu empedu tersebut,” bebernya.

“Yang jelas jika merasakan gejala seperti yang telah dipaparkan, harap segera berkonsultasi dengan pihak kedokteran,” tuturnya.(cj8/via/ce5)


PALEMBANG – Tiroid itu sebenarnya ada pada setiap orang, ada yang nampak dan ada pula yang tidak. Kesehatan tiroid harus dijaga dengan cara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News