Studi: Faktor Keturunan Juga Penyebab Kanker

Studi: Faktor Keturunan Juga Penyebab Kanker
Studi: Faktor Keturunan Juga Penyebab Kanker

jpnn.com - LONDON - Penyakit kanker ternyata bisa muncul karena dipengaruhi faktor ketururunan. Kesimpulan ini didapat para peneliti setelah melakukan studi atas ribuan responden di Eropa.

Dijelaskan, dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti atas 23 ribu orang di Italia dan Swiss, menemukan jika di dalam keluarga pernah ada yang memiliki riwayat penyakit kanker besar kemungkinan anggota keluarga atau keturunannya akan memiliki potensi kanker serupa bahkan kanker jenis lainnya.

Menurut laman BBC (25/7), tingkat risiko kanker juga tergantung pada gen, gaya hidup dan lingkungan. Para peneliti mengumpulkan informasi tentang riwayat kanker yang pernah diderita anggota keluarga, terutama dari gen mereka sendiri yakni orang tua, saudara atau anak.

Hasilnya, mereka yang menderita penyakit kanker, ternyata ayah, ibu atau anaknya pernah juga memiliki riwayat penyakit sama sebelumnya. Bahkan mereka yang menderita kanker laring memiliki tiga kali lipat risiko normal untuk menurunkannya pada anggota keluarga lainnya.

Pria  memiliki risiko tiga kali lipat terkena kanker prostat jika seorang kerabatnya pernah menderita kanker kandung kemih.(esy/jpnn)


LONDON - Penyakit kanker ternyata bisa muncul karena dipengaruhi faktor ketururunan. Kesimpulan ini didapat para peneliti setelah melakukan studi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News