Detik-detik KKB Panik Diserbu TNI dan Polri, Sudah 3 yang Mati

Detik-detik KKB Panik Diserbu TNI dan Polri, Sudah 3 yang Mati
Prajurit Kopassus TNI AD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, TIMIKA - Pasukan gabungan TNI dan Polri kembali menembak mati satu anggota KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di kawasan Gunung Botak, dekat Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (10/4).

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, di Timika, Jumat, mengatakan selain menembak mati satu anggota KKB, aparat juga mengamankan satu pucuk senjata api jenis SS-1, satu buah magasin beserta 17 butir amunisi.

"Dari hasil penegakan hukum yang kami lakukan, satu KKB meninggal dunia," kata AKBP Era Adhinata.

Kapolres menjelaskan bahwa satu pucuk senjata api yang diamankan dari KKB tersebut diketahui merupakan hasil rampasan di Pos Polisi Kulurik, Polres Puncak Jaya pada 4 Januari 2014.

Operasi penegakan hukum terhadap KKB di wilayah Kabupaten Mimika, Papua kian meningkat dalam beberapa hari terakhir, terutama setelah terjadi penyerangan terhadap kompleks perkantoran PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana beberapa waktu lalu, dan menewaskan seorang pekerja asal Selandia Baru.

Sebelumnya, pada Kamis (9/4), aparat gabungan TNI dan Polri melakukan penyergapan sebuah kamp yang menjadi lokasi persembunyian KKB di Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika.

Sempat terjadi kontak tembak antara aparat dengan KKB saat penyergapan berlangsung.

Dua anggota KKB diketahui meninggal dunia, dan seorang lainnya berhasil diamankan.

Pasukan gabungan TNI-Polri selama dua hari terakhir berhasil menembak mati tiga anggota KKB di Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News