Detik-Detik Pengiriman Rupiah ke Wilayah 3T, di Kawal Ketat TNI

Detik-Detik Pengiriman Rupiah ke Wilayah 3T, di Kawal Ketat TNI
Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali mengadakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali mengadakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan pengiriman rupiah ke wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) kali ini menggunakan armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang rupiah layak edar," kata Erwin dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia dengan TNI AL mengenai Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI, serta dari dan ke wilayah perbatasan dan 3T.

Kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 dimulai dengan kunjungan kepada lima pulau yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau pada 31 Januari 2022.

Selain Provinsi Kepulauan Riau, sepanjang 2022 kegiatan ini juga akan dilaksanakan pada 76 pulau yang berada di 15 provinsi lain yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

"Kegiatan yang sama juga akan dilaksanakan di Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua, dan Papua Barat," ungkapnya.

Erwin menambahkan pengiriman itu juga untuk mengedukasi masyarakat mengenai gerakan Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBP) dan merupakan wujud nyata bela negara yang melibatkan pegawai BI dari berbagai wilayah.

Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali mengadakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News