Kamis, 13 Desember 2018 – 04:16 WIB

Dewan ABC Tunjuk Penasehat Independen Sebelum Pecat Michelle Guthrie

Kamis, 04 Oktober 2018 – 18:00 WIB
Dewan ABC Tunjuk Penasehat Independen Sebelum Pecat Michelle Guthrie - JPNN.COM

Dewan ABC mengatakan pihaknya telah menunjuk penasihat independen sehari sebelum pemecatan Michelle Guthrie, untuk menyelidiki "masalah" yang diangkat oleh mantan Direktur Pelaksana ABC itu.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pagi ini, dewan ABC mengatakan pihaknya telah menunjuk seorang "penasihat ahli eksternal independen" dan bahwa mengingat penyelidikan sekarang sedang berlangsung, "tidak tepat bagi dewan atau ABC untuk berkomentar lebih lanjut hingga penyelidikan itu rampung.

Pernyataan itu mengatakan penyelidikan yang dilakukan akan mencari tahu masalah yang dipersoalkan oleh Michelle Guthrie dalam sebuah surat yang dikirim ke dewan pada 21 September, hanya beberapa hari sebelum dia dipecat.

"Dalam surat itu, Michelle Guthrie menanggapi beberapa masalah yang diangkat oleh dewan tersebut. Selain itu, mantan direktur pelaksana itu juga mengemukakan hal-hal lain yang ia minta kepada dewan untuk menginvestigasikan secara rahasia," kata pernyataan itu.

Pernyataan itu mengatakan dewan "memutuskan ... untuk menunjuk penasihat ahli eksternal independen untuk menyelidiki masalah ini" pada 23 September.

Satu hari kemudian, Michelle Guthrie dipecat.

Michelle Guthrie awalnya mengatakan dia "sangat kecewa" atas pemecatan dirinya, dan akan mempertimbangkan sejumlah langkah hukum. Dia dipecat hanya setengah dari masa penunjukannya selama lima tahun.

Direktur ABC Justin Milne mengatakan keputusan itu dibuat untuk "kepentingan jangka panjang orang-orang kita sendiri dan jutaan orang Australia yang terlibat dengan konten ABC setiap minggu".

Justin Milne kemudian mengundurkan diri setelah dia dituduh mencampuri kebebasan editorial lembaga penyiaran itu.

Seorang juru bicara untuk Justin Milne mengkonfirmasi pernyataan dewan ABC, mengatakan kepada ABC News bahwa penyelidikan telah dibahas pada pertemuan dewan pada 23 September dan Milne telah memilih mendukung.

"Justin Milne menyambut baik penyelidikan itu dan menantikan pengungkapan fakta-fakta yang ditemukan dalam penyelidikan itu," tambah juru bicara.

Seorang juru bicara ABC menolak mengungkapkan penasihat "eksternal, ahli independen".

"Sebagaimana dicatat, itu [masalah yang diangkat oleh dan dengan Michelle Guthrie] sedang diselidiki dan dikelola secara rahasia," kata juru bicara itu.

"Aku tidak punya informasi lain selain apa yang ada di dalam pernyataan ABC ini."

Keputusan untuk tidak mengungkapkan jati diri penasihat eksternal itu tidak biasa, mengingat bahwa para penasihat yang dipilih untuk kemerdekaan, integritas, dan pengalaman mereka atas penunjukan tersebut biasanya disebut sebagai bagian dari transparansi.

Pekan lalu, Menteri Komunikasi Mitch Fifield menunjuk sekretaris Departemen Komunikasi, Mike Mrdak, untuk melakukan penyelidikan untuk "menetapkan fakta" tentang pemcatan Michelle Guthrie dan Justin Milne.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar