Dharma Pertiwi Bawa Angklung Mendunia

Dharma Pertiwi Bawa Angklung Mendunia
Kegiatan Angklung Mendunia bertema Lestarikan, Giatkan, dan Generasikan Angklung Mendunia, pada (8/11) di Museum Satriamandala, Jakarta. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Dharma Pertiwi bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, OASE Kabinet Kerja, Dekranas, dan LaDara, menggelar kegiatan Angklung Mendunia bertema Lestarikan, Giatkan, dan Generasikan Angklung Mendunia, pada (8/11) di Museum Satriamandala, Jakarta.

Acara ini juga disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Dharma Pertiwi dibuka oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo.

“Semoga keindahan alunan suara angklung membuat Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia, semoga kebudayaan Indonesia juga semakin lestari, berkembang, dan semakin maju," harap Iriana.

Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto, mengatakan saat ini kemajuan dan perkembangan angklung tidak seimbang dengan kaum muda.

Di samping itu, minimnya regenerasi para seniman angklung menjadi jumlah mereka menjadi makin lama makin sedikit dan didominasi oleh kaum tua, oleh karena itu, merupakan tugas bersama untuk mewariskan kepada generasi muda dan mengajak untuk terus senantiasa berkarya dan menjaga kelestarian karya bangsa ini.

“Budaya merupakan sebuah citra dan identitas dan sebuah bangsa, maka itu banggalah memiliki budaya yang beraneka ragam," tambahnya.

Hadir juga secara virtual untuk memberikan sambutan motivasi beberapa tokoh nasional di antaranya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

“Kami mengharapkan dan mendorong partisipasi rekan-rekan media untuk turut meliput kegiatan angklung mendunia oleh dharma pertiwi, agar gema suara angklung dapat semakin luas diperdengarkan di seluruh penjuru nusantara dan di dunia,” himbau Menteri Johnny.

Keindahan alunan suara angklung membuat Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News