Dhaup Ageng Pakualaman: Pagi Siraman, Malam Midodareni

Dhaup Ageng Pakualaman: Pagi Siraman, Malam Midodareni
BPH Kusumo Bimantoro yang merupakan putra sulung Paku Alam X menjalani siraman di Kagungan Dalem Parangkarsa, Pura Pakualaman, pukul 10:30 WIB. Foto: Kadipaten Pakualaman

jpnn.com, JOGJA - Prosesi Dhaup Ageng yang merupakan pesta pernikahan antara BPH Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya terus berjalan.

BPH Kusumo dan Lakshita sudah menjalani siraman di Pura Pakualaman, Yogyakarta, Jumat (4/1).

Mempelai wanita terlebih dahulu menjalani siraman di Gandok Wetan Kagungan Dalem, Kepatihan Pakualaman, pukul 09:00 WIB.

Sementara itu, BPH Bimantoro yang merupakan putra sulung Paku Alam X menjalani siraman di Kagungan Dalem Parangkarsa, Pura Pakualaman, pukul 10:30 WIB.

Dhaup Ageng Pakualaman: Pagi Siraman, Malam Midodareni

Sri Ratna Saktimulya alias Nyi MT Sestrorukmi yang mendampingi mempelai wanita saat siraman mengatakan, prosesi diawali dengan sungkeman kepada ayah dan ibu Lakshita.

“Mbak Shita mengenakan kebaya dan sanggul biasa. Setelah siraman lantas masuk kamar untuk berganti pakaian,” kata Sakti dalam konferensi pers di Pakualaman, Jumat (4/1).

Dia menambahkan, Shita mengenakan sekar melati sebagai penutup dada. Setelah siraman, prosesi dilanjutkan dengan pecah klenting.

Prosesi Dhaup Ageng yang merupakan pesta pernikahan antara BPH Kusumo Bimantoro dan Maya Lakshita Noorya terus berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News