Intip Lima Hidangan Khas dalam Dhaup Ageng Putra Paku Alam X

Intip Lima Hidangan Khas dalam Dhaup Ageng Putra Paku Alam X
Pindang Serani, salah satu makanan khas yang disajikan dalam Dhaup Ageng Putra Paku Alam x Yogyakarta. Foto: Istimewa

jpnn.com, YOGYAKARTA - Untuk menjamu para tamu selama rangkaian Dhaup Ageng, pernikahan putra pertama Paku Alam X, panitia menyiapkan sejumlah hidangan khas, mulai dari makanan pembuka hingga minuman. Istimewanya, kali ini terdapat beberapa menu khas Pakualaman yang disajikan khusus hanya saat Dhaup Ageng.

Ketua Bidang Perlengkapan dan Umum Dhaup Ageng, K.R.T. Radyowisroyo mengatakan, menu tersebut merupakan favorit para jumeneng atau Raja di lingkungan Pura Pakualaman, di antaranya adalah pindang serani dan semur lidah.

"Dalam rangka Dhaup Ageng ini mulai dari rangkaian nyengker, siraman, midodareni, panggih, resepsi, hingga pahargyan ada menu khusus yang kita munculkan, yaitu pindah serani," ungkapnya saat ditemui di Restorant Bale Raos, Yogyakarta belum lama ini.

Secara lebih lengkap, dia menyebutkan lima hidangan khas Pura Pakualaman yang wajib disajikan saat rangkaian Dhaup Ageng. Apa saja itu?

1. Lodeh Kluwih

Intip Lima Hidangan Khas dalam Dhaup Ageng Putra Paku Alam X
Lodeh kluwih. Foto: Kadipaten.Pakualaman

Masakan khas Jawa ini adalah salah satu menu favorit Sri PAduka Paku Alam ke X yang akan disajikan untuk para tamu. Kluwih adalah sayuran yang mirip dengan nangka dan sangat lezat diolah ke dalam bumbu lodeh berkuah. Biasanya sayur ini disajikan dengan nasi merah dan dicampur dengan daging.

"Asumsi kluwih berarti linuwih (kelebihan). Harapannya pengantin dapat menjadi orang yang linuwih atau mempunyai kelebihan. Sayur ini disajikan mulai pada saat siraman dengan rangkaian nasi merah," tutur K.R.T. Radyowisroyo.

Ada lima hidangan khas Pura Pakualaman yang wajib disajikan dalam rangkaian Dhaup Ageng Putra Paku Alam X.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News