Di Akhir Konvensi, SBY Masih Buka Tiga Opsi

Ketua DPD Partai Demokrat Dimintai Aspirasi soal Pilpres

Di Akhir Konvensi, SBY Masih Buka Tiga Opsi
Di Akhir Konvensi, SBY Masih Buka Tiga Opsi

jpnn.com - JAKARTA - Partai-partai terus bergerak menatap pilpres 9 Juli nanti. Termasuk Partai Demokrat, meski terkesan lambat. Kemarin (26/4) Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumpulkan 33 pimpinan DPD se-Indonesia untuk menjaring aspirasi dalam pilpres.

Pertemuan yang dilaksanakan tepat sehari sebelum kegiatan debat terakhir konvensi capres PD itu dilaksanakan di kediaman SBY, Cikeas, Bogor. “Ketua umum (SBY, Red) dalam memutuskan permasalahan biasa melakukan brainstorming. Kali ini meminta pandangan DPD,” kata Ketua Harian DPP PD Syarief Hasan setelah pertemuan tadi malam

Dia lalu memaparkan, aspirasi DPD yang muncul saat itu beragam. Namun, setidaknya ada tiga arus utama yang mengemuka. Yaitu, Demokrat akan gabung ke salah satu capres yang ada, membentuk poros koalisi sendiri, atau akan mengambil posisi di luar pemerintahan. “Hampir berimbang semua dari tiga itu dan Pak Ketua Umum mencatat semua,” ujarnya.

Meski demikian, menteri koperasi dan UKM tersebut menolak memerinci DPD mana saja yang mendorong opsi tertentu. Sebab, dia mengaku, aspirasi para pimpinan DPD masih tersebar pada semua pilihan. “Pokoknya berimbang dan dicatat semua,” tegasnya.

Saat memberikan keterangan tersebut, Syarief didampingi Sekjen DPP PD Edhie Baskoro Yudhoyono, Waketum DPP PD Jhonny Allen Marbun, serta Wasekjen DPP PD Andi Nurpati. Direktur Eksekutif DPP PD Toto Riyanto juga menyertai.

Lalu, bagaimana posisi para peserta konvensi terkait dengan tiga opsi yang berkembang? Syarief tidak menjawab secara gamblang. Dia hanya menyatakan bahwa semua segera terjawab. “Segala sesuatu dalam proses ke depan mungkin terjadi,” ujarnya.

Para peserta konvensi capres PD memang mau tidak mau kembali harus bersabar menunggu. Sebab, penetapan secara resmi pemenang konvensi baru diagendakan untuk diumumkan pertengahan Mei nanti atau hari-hari menjelang masa pendaftaran capres-cawapres 18-20 Mei 2014.

Di tempat terpisah, Sekretaris Komite Konvensi Suaidi Marasabessy mengungkapkan, tiga lembaga survei yang khusus di-endorse komite untuk mengukur elektabilitas terakhir peserta konvensi baru mulai turun ke lapangan besok (28/4). Hasilnya diperkirakan keluar pada akhir pekan pertama Mei 2014.

JAKARTA - Partai-partai terus bergerak menatap pilpres 9 Juli nanti. Termasuk Partai Demokrat, meski terkesan lambat. Kemarin (26/4) Ketua Umum DPP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News