Di Balik Pita Kuning Pep Guardiola

Di Balik Pita Kuning Pep Guardiola
Pep Guardiola. Foto: AFP

jpnn.com, MANCHESTER - Arsitek Manchester City, Pep Guardiola masih menjadi incaran Federasi Sepak Bola Inggris (FA). Saat mendampingi City pada final Piala Liga Inggris melawan Arsenal di Wembley, London, Senin (26/2) dini hari WIB, pita kuning masih bertengger di dadanya.

Guardiola sudah menegaskan, dia tak takut ancaman sanksi FA itu. ''Saya pelatih, tapi saya juga manusia. Mereka (FA) sudah tahu, saya akan tetap memakai pita kuning itu,'' ucap Guardiola, dikutip BBC Sports.

Padahal untuk sanksinya kemarin, pelatih asli Catalan itu masih diberi waktu FA untuk banding sampai Senin mendatang (5/3). Guardiola punya alasan tersendiri kenapa dia konfiden dengan sikapnya itu.

Bukan hanya dari hati nuraninya sebagai bangsa Catalan. Guardiola punya pedoman dari pandangan UEFA. Faktanya, ketika berada di bench St Jakob-Park, Basel, Guardiola pun sudah mengenakan pita kuningnya. Begitu pula pada laga-laga Liga Champions sebelumnya. Toh dari awal musim Guardiola sering mengenakannya.

Beda dengan FA, UEFA sebagai otoritas sepak bola Eropa tak sampai mengirim warning ke Guardiola. ''UEFA punya pandangan lain soal isu ini. Mereka berkata, silakan memakainya, selagi itu menunjukkan respek Anda. Di sini, semuanya berbeda,'' tutur Guardiola, mengungkap sikap UEFA dengan pita kuning perjuangan kemerdekaan Catalan.

Bukan rahasia lagi, Guardiola 'dekat' dengan perjuangan Catalan. Satu sebab utama Pep memakai pita kuning adalah bentuk suara dukungan kepada dua orang yang sedang dipenjara karena terlibat kericuhan saat referendum Katalonia, Oktober lalu.

Guardiola menegaskan tak akan berhenti memakainya. ''Jika memang saya melanggar aturan, okay, silakan saya akan menerima sanksi itu,'' tambah Guardiola.

Bukan hanya Guardiola yang mengenakan pita kuning itu. Dalam laga kemarin, semua orang yang ada di bench The Citizens mengenakan pita kuning. Begitu pun fans City yang datang ke Wembley kemarin WIB. Dilaporkan di Manchester Evening News, hampir 40 ribuan fans City yang duduk di tribun Wembley pun mengikuti sikap Guardiola dengan pita kuningnya. (ren)


Pep Guardiola menjadi incaran Federasi Sepak Bola Inggris karena pita kuning di dadanya.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News