Di Depan Kantor JK, Demonstran Minta Pengkhianat Nawacita Diusir

Di Depan Kantor JK, Demonstran Minta Pengkhianat Nawacita Diusir
Front Garuda Merah Putih melakukan unjukrasa di depan Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (13/1). Massa meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla menolak perpanjangan kontrak Freeport dan usir Menteri antek Neoliberal penjual aset bangsa Rini Soemarno dan Sudirman Said. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ratusaan mahasiswa menggelar demonstrasi di depan Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/1) sore. Mereka menggelar unjuk rasa di depan kantor Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk mendesak dihentikannya kontrak kerja sama PT Freeport Indonesia di Papua.

Massa juga menuntut Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri BUMN Rini Soemarno dicopot sebagai pembantu presiden pada perombakan kabinet jilid dua. “Usir menteri berhaluan neolib, pengkhianat Nawacita, dan Trisakti Kemerdekaan,” ucap orator saat berorasi.

Beberapa demonstran terlihat menggunakan kostum unik dan topeng. Salah satunya menggunakan topeng Sudirman Said dan kostum bertuliskan “Demi kepentingan bangsa dan kedaulatan energi, saya siap dicopot dari menteri.”

Seorang demonstran lain juga menggunakan kostum senada tapi memakai topeng JK dan tulisan kostumnya, “Demi kepentingan bangsa dan kedaulatan energi, saya siap mundur dari wakil presiden.”

JK menjadi salah satu sasaran massa aksi lantaran dicurigai ada kepentingan politik trah Kalla dalam hal perpanjangan kontrak Freeport. Kecurigaan itu muncul setelah berhembusnya isu pertemuan dua kerabat Kalla, Erwin Aksa dan Aksa Mahmud dengan Jim Bob, bos Freeport, beberapa waktu lalu. (dil/jpnn)


JAKARTA - Ratusaan mahasiswa menggelar demonstrasi di depan Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/1)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News