Di Depan Prabowo, Jokowi Bicara Soal Kunci Sukses Jadi Negara Maju

Di Depan Prabowo, Jokowi Bicara Soal Kunci Sukses Jadi Negara Maju
Bertolak ke Kuala Lumpur sore tadi, dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, seusai menghadiri Kongres PDIP di Bali. Foto: IG Presiden Joko Widodo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi bicara soal kunci sukses menjadi negara maju saat memberikan sambutan di pembukaan Kongres V PDI Perjuangan, di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (8/8).

Saat itu, hadir juga bekas rivalnya di Pilpres 2019, sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Jokowi, pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkelanjutan merupakan salah satu kunci untuk menjadi sebuah negara maju. Dia pun mencontohkan, negara Persatuan Emirat Arab (PEA) adalah salah satu buktinya.

BACA JUGA: Imbang Lawan Persela, Persib Bandung Menelan Empat Laga Tanpa Kemenangan

Mulanya Jokowi bercerita mengenai pengalamannya saat berkunjung ke PEA, empat tahun yang lalu. Saat itu dia ingin mengetahui bagaimana Persatuan Emirat Arab dalam kurun kurang dari 40 tahun bisa menjadi sebuah negara maju dan kaya.

Putra Mahkota Abu Dhabi, Syekh Mohamed Bin Zayed (MBZ), saat itu menjemput langsung kedatangan suami Iriana itu di bandara. Bahkan MBZ juga mengajaknya duduk satu mobil dan menyetirnya dalam perjalanan dari bandara. Ketika berdua di dalam mobil itu lah dirinya bertanya mengenai resep PEA bisa melompat menjadi negara maju.

“Beliau bercerita. Tahun 60 kami dari Dubai ke Abu Dhabi masih naik unta. Kita tahun 60 itu, sudah naik Holden dan Impala. Benar? Tahun 70, dia cerita lagi, kami dari Dubai ke Abu Dhabi itu naik truk dan naik mobil pick up. Kita tahun 70 sudah naik yang namanya Kijang, Kijang kotak. Tetapi begitu menginjak tahun 80-85 ke atas, mereka sudah naik mobil-mobil yang luks,” kenang Presiden Jokowi.

Dalam obrolan itu, terungkap bahwa kunci PEA bisa melompat menjadi negara maju adalah pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan, berikut dengan sistem manajemen yang dibangun sejak awal.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bicara soal kunci sukses menjadi negara maju saat memberikan sambutan di pembukaan Kongres V PDI Perjuangan, di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (8/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News