Di Depan Senawangi, Bamsoet Punya Harapan Besar Pada Wayang Indonesia

Di Depan Senawangi, Bamsoet Punya Harapan Besar Pada Wayang Indonesia
Ketua MPR Bamsoet saat menerima kunjungan pengurus Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) di Jakarta, Selasa Rabu (6/10) Foto: dok Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pentingnya menjadikan Indonesia sebagai rumah wayang dunia.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa Bamsoet saat menerima kunjungan pengurus Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) di Jakarta, Selasa Rabu (6/10).

Menurut dia, Indonesia memiliki kontribusi besar terhadap penyelenggaraan forum budaya dunia, World Culture Forum (WCF).

Dia juga menegaskan penyelenggaraan WCF yang digagas pemerintah Indonesia bersama Unesco sejak 2013 lalu itu harus tetap berjalan, meski bergulir setiap dua sampai tiga tahun sekali.

"Indonesia harus tetap menjadi pemimpinnya," ujar Bamsoet.

Adapun pengurus Senawangi yang hadir antara lain, Ketua Umum Suparmin Sunjoyo, Sekretaris Sumari, Ketua Bidang Hubungan Internasional Nurrachman Oerip, Ketua Bidang Humas dan Kemitraan Eny Sulistyowati, dan Sekretaris I Imira Dewi.

Bamsoet memaparkan, pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah World Culture Forum (WCF) tidak lain karena kekayaan seni dan budaya yang terbesar di Indonesia.

Berdasarkan laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2020, Indonesia memiliki 2.907 cagar budaya dengan 439 museum.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan pentingnya menjadikan Indonesia sebagai rumah wayang dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News