Di Hari Ultah Jakarta, Anies Baswedan Mengklaim Berhasil Kendalikan Corona

Di Hari Ultah Jakarta, Anies Baswedan Mengklaim Berhasil Kendalikan Corona
Kalangan pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berpose usai menggelar Upacara HUT DKI Jakarta ke-493 di Balai Kota Jakarta, Senin (22/6/2020). Foto: ANTARA/HO-Humas Balai Kota

jpnn.com, JAKARTA - Bertepatan dengan perayaan HUT Jakarta, Gubernur Anies Baswedan mengklaim bahwa wabah virus corona di wilayah ibu kota telah berhasil dikendalikan.

"Tadi pagi jam 06.30 WIB, laporan dari tim Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia yang menyampaikan bahwa dua minggu masa transisi, wabah terkendali di Jakarta," kata Anies dalam sambutan HUT ke-493 Jakarta di Balai Kota, Senin (22/6).

Anies mengatakan kekhawatiran terhadap potensi lonjakan penularan COVID-19 di Jakarta justru tidak terjadi. Hasil kajian ilmiah menyebutkan angka reproduksi (R) virus corona di Jakarta saat ini sebesar 0,98.

Sebelumnya reproduksi COVID-19 sempat berada di level tertinggi menembus angka empat sebelum pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), 16 Maret 2020.

Angka reproduksi COVID-19 diasumsikan bila ada 100 orang yang terkena COVID-19, maka tingkat penularan kepada yang lain mencapai 400 orang.

Hingga menjelang pelaksanaan PSBB fase pertama pada 10 April 2020, tingkat reproduksi COVID-19 turun menjadi 1,5. "Justru angka R-nya menjadi 0,98 sesuatu yang menunjukkan bahwa ini kerja keras seluruh masyarakat Jakarta," katanya.

Tahun ini Pemprov DKI Jakarta memilih tema Jakarta Tangguh untuk menggambarkan semangat yang tinggi dari masyarakat untuk tangguh menghadapi wabah COVID-19.

"Sehingga ketika tahun 2020 memberikan tantangan yang tidak kecil yaitu menghadapi pandemi COVID-19," katanya.

Bertepatan dengan perayaan HUT Jakarta, Gubernur Anies Baswedan mengklaim bahwa wabah virus corona di wilayah ibu kota telah berhasil dikendalikan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News