Di HGN, Mendikbud Ajak Guru jadi Teladan Siswa

Di HGN, Mendikbud Ajak Guru jadi Teladan Siswa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Di Hari Guru Nasional (HGN), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, mengajak para guru merefleksikan kembali apakah sudah menjadi teladan bagi para peserta didik.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama kembali memperingati Hari Guru Nasional. Mari wujudkan dunia pendidikan yang berkemajuan melalui keteladanan guru,” kata Menteri Muhadjir pada peringatan HGN tahun 2017, di Kantor Kemendikbud, Sabtu (25/11).

Tema HGN tahun ini adalah “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”.

Tema tersebut, kata Muhadjir, berkaitan erat dengan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Dalam Perpres tersebut, presiden mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok yang utama dalam satuan pendidikan.

Guru harus bisa berperan sebagai tokoh penting atau panutan (the significant other) bagi peserta didiknya, dan guru harus menjadi sumber keteladanan.

“Momentum HGN ini hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru sudah menjadi teladan bagi peserta didiknya, dan apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil,” tuturnya.

Peringatan HGN juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan pemerintah. Kebijakan tersebut di antaranya adalah menjadikan guru lebih kompeten, profesional, terlindungi, dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia, dan bermartabat.

Guru sebagai sosok yang utama dalam satuan pendidikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News